Welcome to my blog, enjoy reading.

Rabu, 09 Desember 2009

Kunci Ka'bah Dari Abad 13 Batal Dilelang

Sebuah kunci pintu Ka'bah yang berasal dari abad ke-13 akhirnya telah ditarik dari pelelangan di Istanbul, kata pengelola rumah lelang Portakal pada hari Selasa kemarin (8/12).

Kunci besi yang berasal dari era ke khilafahan Abbasiyah tersebut telah ditarik dari pelelangan, yang rencananya pelelangan terhadap kunci tersebut akan digelar pada tanggal 13 Desember mendatang. Alasan penarikan kunci - karena menurut rumah lelang Portakal yang biasa melelang benda-benda seni dan budaya - menyatakan bahwa kemungkinan agak susah untuk menjualnya. Belum ada penetapan estimasi harga dari kunci Ka'bah yang batal dilelang tersebut.

Kunci yang tak ternilai harganya itu akan diberikan kembali ke pemilik aslinya yang tidak mau disebut namanya, kata rumah lelang Portakal.
Tercatat ada 59 kunci Ka'bah. 54 dari kunci tersebut berada di Museum Istana Topkapi di Istanbul, dua berada di koleksi Es-Said Nuhad, dan satu kunci berada di Louvre Paris dan satu lagi berada di Museum Seni Islam di Kairo.
Kunci besi Ka'bah tersebut semuanya berukir dengan ayat-ayat suci dari Al-Quran.
Terakhir kali kunci Ka'bah sudah pernah terjual di pelelangan tahun lalu. Kunci Ka'bah itu dijual kepada seorang pembeli yang tidak disebutkan namanya dengan harga 18.1 juta dolar AS dalam sebuah lelang di rumah lelang Sotheby di London pada tanggal 18 April 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar